Hunter Science....

Selasa, 14 Januari 2014

_About My Best Sister >> Mesi.._

(tulisan ini ana buat tepat setelah ana berpisah dengan beliau, dan baru bisa ngupload skrang.. udah agak basi sih, tapi di angetin aja lagi,,,hehe)
Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokaatuh… kaifa haluk sahabat blogger? Ana harap dan ana doakan semoga antum semua selalu dalam lindunganNya… Aamiin ya Rabb… sahabat blogger, kali ini ana ingin menceritakan tentang sahabat setia ana, teman ‘sepertiduran’, sepermainan, seperjoggingan, sekaligus best sister bgi anayap… seorang kakak yang dilahirkan dari ‘pabrik’ yang sama..lebih tepatnya saudara kandung multifungsi. Kenapa bisa multifungsi? Krna dia bisa jdi apa aja,.. teman bisa, kakak bisa, sahabat bisa, jdi musuh jga bisa… kecuali jdi cwok aj… nah, yg bagian itu ana ga jamin deh y..haha … Ok sob, intro udah, sekarang kita masuk Reff nya ya….  J lalalalallaalala….. krik krik krik … *hening.. -_-
Hmm…. Maap pemirsah… yang tadi cuma bercanda… ana ngawur,,,hehe….. ayuk,dimulai.. J
Cekidot!!!!!
Mesi Ria Sukma namanya… sering aku panggil dg nama Mochi,,, sebut sja itu panggilan kesayanganku utk saudariku…seperti beliau panggil aku dengan sebutan pophen , katanya sih panggilan kesayangn, tpi sepertinya itu smcam balas dendam,,, haha  yap, panggilan syang ga hanya beb, nta, syg, yank, peyank aj kan?? (jdi ga kebayang kalo kata itu yg aku pake ke mochi)..*langsungmuntah.
Hmm,, uni, sulit bagiku untuk bercerita langsung dihadapanmu, tentang ketegaranmu, tentang sosok sulung setelah abang,, tentang kedewasaanmu…. Banyak yang ingin aku sampaikan, betapa kagumnya aku padamu… tapi mulut ini terasa geli dan terkunci. Entah kenapa,,, mungkin jiwa ini terlalu gengsi untuk menyatakannya.. atau mungkin aku terlalu membayangkan reaksimu setelah aku mengungkapkannya *uni udah biasa di puji | uni tau kok  open tu ngefans sm uni.. Oh Nooooo,,,,,,,, itu dia alasannya…. Krna dia terlalu kepedean…. Makanya smpai sekarang aku simpan itu semua dalam memory otakku,,yah.. cukup aku yang tau…
Tapi memory yang aku sediakan untuknya terlalu kecil untuk cerita yang begitu besar..krna itu aku limpahkan sebagian di page ini, biar ga keluar kemana-mana… ok, kembali ke lap. .  eh, mochi… Dia itu mudah bergaul, tidak sombong, pintar, tidak pelit membagi ilmunya, tidak hanya kepada adik- adiknya saja, tapi pada semua orang… banyak hal positif darinya yang berusaha aku contoh.. benar… dia yang menjadi panutanku selama ini….. meski bukan dari kecil… krna masa kecil, mochi orang yang menyebalkan dan tak mau kalah dg adiknya (saat itu aku yang jdi si bungsu)… tak hanya dia, akupun juga begitu.. mana mau aku kalah, seri aj minta diulang lgi.. (emangnya lomba -_- ),,, kami ( aku dan mochi) hanya berjarak 1,8 tahun. Ntah apa alasan ibu menjarakkan umur kami sebegitu dekatnya,… ( aku rasa itu pertanyaan yang konyol), tpi kalo di pikir ya, enak juga punya  sodara yang ga jauh-jauh umurnya dari kita, jdi kalo di ajak curhat bisa nyambung. . . tapi ga untuk masalah cinta lah ya,,, secara mochi paling anti kalo adeknya curhatin masalah yang satu itu. . boro- boro di kasih saran dengerin aja kagak..kembali ke masa kecil>>>  karna beda umur yang ga terlalu signifikan, kami selalu dibuat jadi anak kembar oleh ayah ibu., apapun yang dibelikan pasti sama, mulai dari baju luar sampai ke dalem juga sama. Yah mungkin karena tabiat anak- anak yang ga mau kalah tadi kali ya.. tapi bener lo… sama semua… (hasil survey foto masa kecil).
Masa kecil masa yang paling susah untuk dilupakan.. emang bener. Banyak hal- hal konyol yang aku lewatkan bersama saudara- saudaraku (tapi kalo diinget sih emang keliatannya konyol banget, apalagi yang sering dibahas). Pernah waktu itu umurku 2 tahun, masih sekitar tahun 90-an lah, waktu itu masa sibuk- sibuknya ayah dan ibu buat nagnterin  abang si sulung ( jarak aku dengan abang 6 th) ikut lomba kemana- mana. Nah, karna ribet harus ngurusin tiga anak yang masih kecil (saat itu yang lahir cuma aku, mochi, dan bg  riyan… yang 2 lagi nyusul) makanya 1 anak diungsikan ke rumah nenek. Dan sahabat blogger tau siapa yang beruntung itu??? Yap.. Aku orangnya .. L si bungsu… dan saat itu aku berteriaak skencang2nya.. kenapa harus aku Tuhaaaaaaaannn………. ( kalo ga salah ya). Aaarrgghh….. mungkin saat itu aku yang paling banyak tingkah dan bikin capek ibu krna minta digendong terus, tpi alasannya sih krna umur 2 thun aku sdang ‘cerai ASI’, makanya di pisah. Dan saat bersama nenek, ibu bilang aku selalu menangis … “ampek ibu ampek ibu (tempat ibu, tempat ibu)”, ya maklum, anak kecil ga begitu jelas bicaranya. Karna saking traumanya, setiap dihadapkan dengan nenek aku selalu ketakutan..  *siapa suruh bikin aku trauma.. :p (eh, tapi sekarang ga takut lagi, malah aku yang paling dekat dengan nenek).. dan yang membuat lebih menjengkelkan lagi adalah hal itu terus diceritakan dan menjadi olok2an saudara- saudaraku, yah,,, sampai sekarang……
Mochi si anak no.2 putri no.1 setelah abang *ribet, saat itu menjadi anak yang paling disayang tpi tetep aj aku, si bungsu yang paling dimanja (bangga bener jdi anak bungsu),haha… yah, gimana ga bangga, statusku sebagai si bungsu wajib dipertahankan, krna apa yang aku mau pasti dituruti ayah.. dan mochi selalu memanfaatkan statusku itu. Gini nih, pernah waktu itu mochi kecil minta di anterin ayah jalan- jalan dengan temannya ke Damar ( waktu itu kan udah merasa paling gehol banget bisa ke damar, secara 90-an lah ya), nah,,ceritanya ga dibolehin sama ayah.. jadi mulai lah pikiran ‘licik’ itu ia lncarkan,,, “ open, nio ikuik smo uni ndak? Kckan ka ayah dulu, baru uni ajak (open, pengen ikut uni ga? Bilangin ke ayah dulu, baru uni ajak)” dan saat itu aku yang masih unyu2 pollos langsung meminta dengan wajah iba. Dan alhasil.. taraaaaaaa…jurus bungsu ku ampuh….. kamipun berlenggak lenggok ke Damar (ntah apalah yang dilihat saat itu). Mochi berhasil memanfaatkanku… -_-
Seiri- irinya mochi padaku, tapi lebih iri lagi aku padanya. Huft. Ngomongin masalah fisik ni ya.. mochi itu lebih putih dan pintar dariku, yah, dari kecil smpai sekarang..aku sangat iri terlebih lagi dengan keputihannya. Yap, kalo masalah kulit sih aku keturunan ayah, dan mochi keturunan ibu. Makanya aku sering dibilang anak ayah ( tpi sebenrnya anak ibu juga kan ya.. -_- ). Sampai sekrang itu juga yang menjadi bahan olok-olok di keluargaku.. walaupun ktanya bercanda, kelihatannya lucu ya, tapi SAAAKKIIITTT……. (ala Ifan Gunawan).. terlebih lagi si abang yang sering bilang “openitam” (sengaja digabung biar ga terlalu kelihatan)… nah, yang bagian pencelaan ini, sering aku dnger kalo lagi ngumpul bareng- bareng. “ ophen t ya, mungkin waktu kecil kecebur dlm got kali, makanya bisa  item gt” kata abang… tpi shitam- hitamnya aku waktu kecil, aku masih menang dari orang Afrika yang jaaaauuuhhh lebih hitam.. lagian ini kulit bukan hitam lo, tapi “sawo matang”, eh, ga lo, aku ga hitam pokoknya,,, mereka aja yang lebay… *pegangkaca..  (udah ah, yang bagian ini delete aja)
Memasuki tahun 2000, kira- kira umurku sudah 8 tahunan… aku mulai meninggalkan gelar “sibungsu” dalam keluarga. Yap. Krna saat itu lahirlah adik laki- lakiku yang diberi nama “Gema Rananda” krna lahirnya subuh (seharusnya fajar kan yah)… aneh... sedih + snang = galau… sedih krna aku harus meninggalkan gelar bungsu itu, tpi disisi lain aku jga snang krna memang ini yang aku inginkan, dpt adik  baru.. J Adikku itu sangat putih waktu kecilnya (dan lagi aku tersinggung dbagian ini), tapi memang begitu faktanya.. gema sangat lucu dan menggemaskan (waktu kecilnya). Skrang udh gede, malah menyebalkan.. dan masalah kulitnya, udah ga seputih dulu. .jauh lah pokoknya, krna memang adikku ini sring main panas-panasan…
Aku kira dikeluarga hanya aku dan mochi yang jadi anak prempuan. Ternyata Allah berkata lain, tahun 2004 kami kedatangan anggota baru lagi. Dan aku semakin jauh dari kata “bungsu”… L yap. Saat itu lahir lagi adik baruku, perempuan yang diberi nama “ Gina Zalika Sukma”. Anaknya manis, lucu dan putih…. (spertinya memang aku yang punya masa kecil berbeda .. -_- )..  dan taraaaaaaa……. Gelar bungsu akhirnya jatuh pada adik terakhirku, Gina. Dan sampai sekarang,,,,, dia sangat- sangat di manja di keluarga….. terlebih krna jarak umurnya yang sangat jauh dengan kami para kakaknya. ( Aku-Gina=13th, Mochi-Gina= ±15th, Riyan-Gina= ±17th ),, dan kami bertiga merasa ‘tuir’ bnget…. Tapi tenang, semua ada hikmahnya kok… kan Allah yang memberi, kalo orang tua sih cuma bisa usaha……  *eh…. Keluarga kami sudah lengkap, dan mungkin sudah tidak menambah anggota baru lagi. Ok, 5 anak sudah cukup, daan kunci..!!!..Alhasil, kami tetap 5 bersaudara yang akan selalu bersma, apapun keadaanya. Dan punya cita- cita yang sama, yaitu membahagiakan ayah ibu. Ok, flashback  tentang masa kecil kita tutup smpai disni.
Seiring berjalannya waktu, Mochi kecil tumbuh menjadi anak yang sudah mulai dewasa dan matang. Terlebih semenjak abang sulung kami hijrah ke Lampung. Dan saat itu gelar “ Si sulung” pindah ke tangan Mochi. Dia mulai menjadi sosok yang tegas pada adik- adiknya, terlebih pada Gema yang sangat- sangat susah di atur, makanya tak jarang kami (aku dan gina) melihat mereka sering bertengakar. Selain punya sisi tegas, dia juga sosok yang mudah mengalah pada kami adik- adiknya, terlihat sangat mengayomi kami. Akupun juga begitu pada kedua adikku, tp ttep aj masih kalah wibawa dengan mochi, krn aku lebih mendahulukan ‘iba’nya dari pada tegasnya.  Sekarang aku dan mochi yang bertindak sebagai kakak (krna kami sudah besar) saling bekrja sama merawat dan menjaga adik-adik yang memang masih terbilang kecil dan labil, meskipun skarang mreka duduk di bangku SMP dan SD, tapi tetep aja kecil dan perlu pengawasan ketat dari kami… Kami terlihat sangat akrab dan bersahabat. Semua pekrjaan kami lakukan dengan kerjasama yang baik. Tidak iri- irian lagi seperti waktu kecil dulu. Mungkin krna kami sudah sama- sama dewasa, makanya sudah tau kewajiban masing- masing, yaaa meski masih ada juga selisih pndapat, tapi ga terlalu signifikan lah…… Nah, krna jarak umur yang tidak jauh, dan memang wajah kami yang tidak mirip, orang lain tidak tahu bahwa kami adalah sodaraan. Terlebih lagi dikalangan teman- teman kampus. Mereka seolah tidak percaya bhwa aku adalah adik mochi, begitupun sebaliknya, teman- teman kampusku yang belum kenal mochi juga tidak menyangka bahwa beliau adalah kakak kandungku… yap, krna memang kami lebih terlihat seperti teman daripada saudara kandung. . .
Walaupun kami tidak mirip secara fisik, tpi itu tdak menjadi masalah, toh status ga akan pernah berubah kan,, tetep saudara kandung.. J .. Semakin menginjak dewasa, kami merasa semakin akrab, saling merasakan satu sama lain, dan yang pastinya saling terbuka, bahkan aku bisa merasakan suatu rasa yang ia punya meski tak pernah disampaikannya padaku, yap, rasa aneh pada tiiiiiiiitttt *sensor …hehe….. hmm,, saking kompaknya, sampai- sampai kami divonis penyakit yang sama oleh dokter, dan harus stock obat yang sama.. (sehati bangeet.. -_- )… tapi ada hal yang dari dulu smpai sekarang tak bisa di robah oleh mochi,,, sifatnya yang Keras Kepala…. Kalo udah maunya, ya ga bisa dilarang lagi… apalagi kalo menyinggung masalah “ COKLAT dan ES CREAM”… manusia yang satu ini paling ga bisa nahan diri kalo ketemu sama 2 cemilan itu,, meskipun keduanya bisa bikin kambuh penyakitnya, tapi tetep aja dimakan… bandel kan?
Pernah waktu itu, ibu udah beberapa kali wanti2 dia utk tdak makan coklat… trus diem2 waktu ibu kebelakang mochi comotin coklatnya, ga banyak sih, tpi cukuplah buat dia ampe kenyang…. Ga dibolehin makan coklat batangan, roti coklatpun jadi, atau apalah yang ada unsur coklatnya.. .ayah sih tau, cuma dibiarin aja (kayanya mau kasih dia pelajaran),,, dan alhasil.. malemnya itu penyakit kumat lagi… ibu marah- marah, ayah malah ketawa, dan akunya pura- pura ga dnger, sedangkan mochi??? Ya ampunn…. Tragis, harus nanggung sakit sendirian…mau bantu, ya cuma bisa mijitin doang….  Nah, kirain abis sakit tu orang bakal jera, tpi salah permirsah….. malah makin ga bisa di cegah… sepertiya beliau sudah kena ‘pelet coklat’…. -_- 
“Kamu, org yg paling keras kepala yg pernah aku kenal, tpi jika waktu diputar kembali, aku akan tetap memilihmu jdi kakak ku”.. *aseekk…(ga kreatip bgt -_- )
Satu hal lagi yang bikin ibu gregetan,, udah 23 tahun, tapi masih aja ga bisa dandan.. mochi ini paling ga kenal sama yang namanya make-up . coba aja Tanya, pasti dijawab, siapa itu? Anak mana? Tnggal dimana?,,,handeehh *tepokjidat…… terakhir kali aku melihatnya berdandan, ya waktu wisuda,,, dan itupun terpaksa, dipaksa, plus pake dimarahin ibu dlu, baru mau… selama perjalanan juga beliau sering curi- curi kesempatan buat ngelap make-upnya,, takut dibilang kaya badut katanya… (padahal bener,,haha..dan ga salah lagi, nyampe kampus beliau emang dibilang badut sama teman- teman cwoknya)… Asli, yang satu ini memang sangat- sangat cuek dengan penampilan… tapi walaupun begitu, banyak juga yang ngefans alias memendam sesuatu padanya*coleksiapaajayangmerasa……. J
Masalah kepintaran, jangan diragukan lagi.. dari SD hingga duduk di bangku perkuliahan dia tetap jdi yang terbaik… dan dia selalu bisa membayar jerih payah ayah ibu dengan prestasinya…itu yang membuat aku semakin terpacu….ya, krna ini salah satu cara untuk membayar jerih payah ayah ibu, sebelum kami bisa membayarnya secara material… tentang kesetiakawanan? Jangan ditanyakan lagi,,, aku berani jamin dia adalah sahabat yang baik, tidak mau menjelekkan orang lain, siapapaun dia, sejahat apapun orang itu padanya, tapi dia tak pernah dendam, dan ketika menceritakan teman kampusnya padaku pun juga tak terselip keburukan disana, aku selalu menerima cerita yang baik tentang teman- temannya.. apalagi terhadap sahabatnya yang sering di sebut dengan “3 nenek”… apapun akan dia lakukan untuk membantu, meski dalam keadaan sakit sekalipun…. *Saluuuuttt…
Hari ini, Sabtu, 11 januari 2014, Fabiayyiaalaa irobbikumaa tukadzzibaan. . . " Maka nikmat Tuhan mana lagi yg engkau dustakan" “usahamu selama ini terwujud, kesabaran mu selama ini berbuah manis, ketegaranmu selama ini terbalaskan”,,, tepat hari ini, beliau hijrah ke Jakarta, bekerja disebuah perusahaan ternama, P&G…dan tepat hari ini juga, kami berada di Bandara Internasional Minangkabau, pergi mengantar kesuksesannya, mengantar menunju gerbang kesuksesan, dan berharap semoga memang disanalah jalannya.. J melepas dengan linangan air mata itu wajar apalagi bagi anak yang belum pernah jauh dari dekapan orang tua,, sangat wajar bila kami harus beriba hati, dan sangat wajar bila adik bungsuku harus menangis histeris, krna memang dia belum siap untuk ditinggalkan dan menerima sepi di rumah.. Dan benar, si bungsu langsung demam… Syafakillah adikku syang.. J
Dan mulai hari ini juga, statusku berubah menjdi “ si Sulung”. Menggantikan posisimu itu ga mudah un,, harus banyak menyiapkan tenaga dan yang pastinya harus belajar untuk dewasa dan berwibawa. Yah, inilah kehidupan…harus rela ditinggal pergi ..demi kesuksesan dimasa depan… sudah saatnya menjadi yang tertua, yang biasanya di ayomi sekarang sudah harus siap mengayomi..berhenti menangis, bersikap dewasa,, karna memang sudah waktunya… karna dari kecil kita memang selalu bersama, wajar kalau aku merasa berat ditinggalkan olehmu…. meskipun berat, tapi tak bisa dipungkiri Takdir Allah memang indah pada orang yang sabar, semoga kita tetap istiqomah dijalanNya.. Aamiin… Lama- lama juga akan terbiasa, krna  jika bersamamu terus, mungkin aku tak akan bisa dewasa, krna dari dulu aku memang bergantung padamu uni…………
Yah, memang dari dulu aku bergantung padanya (bergantung ya…bukan bergelantungan… xixi), saking bergantungnya apapun yang aku lakukan pasti kalo ga minta bantuan, ya  minimal minta pendaptlah… kemana- mana kalo ga ditemenin mochi pasti ga PD jalan sendirian, sampai- sampai ngambil duit di ATM pun harus ditemenin Mochi juga, alasannya ga bisa make, ga bisa ngambil duit, takut ATM nya ketelen sma mesin, blablabla (padahal memang iya… haha),mau bayar uang kuliah harus sama mochi, nawarin baju di pasar nyuruh mochi dulu, dengan alasan ga bisa nawar, ga tau harga pasaran (padahal mochinya juga ga tau, tapi dia pinter), milihin baju yang mau dibeli aja pake selera mochi, karna memang seleraku jelek banget,..pernah waktu itu beli baju sendirian, atas pilihan sendiri (waktu itu milihnya udah yang paling keren) nyampe dirumah, di coba, dan langsung pengen dibalikin ke pasar… alhasil banyak bajuku yang tak terpakai lama, dan menuh2in lemari baju aja…apa –apa yang mochi pake pasti selalu tampak keren di mataku, tak jarang aku sering make barangnya (salah satu keuntungan umur yang ga jauh beda.. haha>>>azas manfaat namanya) -_-….
Tak terasa, udah begitu banyak yang aku ceritakan disini… itu baru sebagian yang aku limpahkan di page ini.,,, masih banyak lagi yang ingin aku ceritakan, tapi ga usah lah ya… kalaupun tulisan ini dibaca olehmu, sudah tak terbayang berapa banyak kata-kata kepedean yang menumpuk dibenakmu…. Paling dari akunya Cuma bisa nyediain kapas buat tutup telinga …eh, ga jadi,, serem….. pake headset aj.. haha...
Satu saja pesanku un…. Tetap jaga kesehatanmu, selalu tegakkan shalat 5 waktu, dan pertahankan terus tilawahnya, semua itu adalah kunci kesuksesanmu, krna hanya Allah yang punya kuasa atas itu semua,, tetap rendah hati, ramah,bersahaja, tidak pelit, dan jadi Mochi yang selalu disayangi oleh smua orang…. *pesanlebihdarisatu….haha

Do’a Kami selalu menyertaimu… Barakallahulakuma.. J

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Ajiiiiib....smoga jadi penghafal alqur'an dan jadi penulis serta guru yg berlandaskan qur'an..aaammiiin

jadilah tetap kuat, dan jadilah yang terhebat..

love you all, my family

Unknown mengatakan...

Aamiin Allahumma aamiin....
hehe,, mksih lovely brother... :))